MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA

MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA
Bagaimanakah Caranya?


Oleh: Imron Rosidi, M.Pd

"Bacalah, dan Tuhanmu Maha Mulia, yang mengajar manusia
dengan qalam (pena)".


          Ketika saya menjalankan kewajiban rutin untuk mengajar di MA Salafiyah, saya melihat ada yang baru di setiap lorong yang saya lewati. Saya menemukan slogan-slogan yang menempel di dinding-dinding kelas. Slogan-slogan yang membuat saya bangga, yaitu slogan untuk mengajak para siswa agar gemar membaca. Tampaknya slogan-slogan ini merupakan respon siswa terhadap pentingnya membaca di era global. Dengan membaca diharapkan para siswa memiliki wawasan luas tentang ayat qauliyah (Al-Qur`an) dan ayat kauniyah (fenomena manusia dan alam semesta).
          Hanya saja, slogan ini akan sekadar slogan belaka apabila tidak dibarengi dengan cara jitu dalam membaca. Selain itu, Interest in reading (minat baca) yang relatif rendah di kalangan siswa perlu ditingkatkan terlebih dahulu. Untuk meningkatkan minat baca di kalangan siswa ada yang perlu dilakukan oleh sekolah maupun kalangan siswa itu sendiri. Yang harus dilakukan oleh sekolah, yaitu:
• Penciptaan  atmosfir kelas yang mendukung dengan menempel pajangan hasil karya   siswa dengan rapi serta slogan-slogan ajakan agar siswa gemar membaca.
• Penyediaan  buku-buku bacaan  yang memadai, baik dari segi kuantitas judul buku   maupun kualitas buku di perpustakaan dan setiap ruang kelas.
• Penciptaan antusiasme pada setiap individu siswa terhadap pentingnya membaca buku   dan berbagai sumber ilmu lainnya.
• Pemanfaatan kegiatan membaca sebagai alat untuk belajar seluruh bidang studi yang   diampu oleh masing-masing guru.
• Pesan-pesan edukatif yang disampaikan dengan gaya anak muda terpampang di setiap   sudut-sudut ruangan.
• Nukilan episode sebuah cerita selalu ada dalam mading sehingga menarik minat siswa   untuk membaca.
• Rak buku yang dipajang rapi dan menarik untuk dieksplorasi isinya dengan ditampilkan   laksana “gedung bioskop” atau “gedung teater”
• Ada informasi mengenai kehebatan para penulis beserta karya-karya penulis nasional   maupun internasional di perpustakaan maupun di mading.
• Ada poster berisi cuplikan isi buku baru dan laku keras di masyarakat.
• Ada display/pajangan atau informasi buku-buku baru dan bestseller dengan gaya yang   atraktif di perpustakaan.
• Tersedia tempat baca buku lesehan di sekolah, misalnya di beranda musalah atau di   depan-depan kelas.
• Tersedia  ruangan  khusus dengan satu atau dua komputer yang berisi permainan seputar   perbukuan, kepenulisan, dan penulis.

          Siswa juga perlu melakukan sesuatu agar dapat menumbuhkan dan selanjutnya meningkatkan minat bacanya, yaitu: 1) Yakin bahwa gemar membaca merupakan hal yang terbaik untuk dapat bersaing di era global, 2) memiliki niat yang tulus untuk membaca, 3) library visit, seringlah mendatangi perpustakaan setiap ada waktu luang, 4) menambah wawasan dengan menyisihkan uang lebih untuk membeli buku, minimal satu buku setiap bulannya, bukan membeli pulsa 5) mulailah membaca sebuah buku dengan membaca daftar isinya terlebih dahulu, 6) catatlah setiap ada informasi penting dari buku yang Anda baca, dan 7) having funs with book, bersenang-senang dengan buku, dan 8) Book talks, atau ceritakan atau sampaikan informasi yang telah Anda peroleh setelah membaca buku kepada teman Anda, begitu juga sebaliknya.
          Ketika Anda akan membeli sebuah buku, coba Anda perhatikan nasihat di bawah ini, yaitu: 1) carilah buku yang sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif (pengetahuan) Anda, 2) pilihlah buku yang sesuai dengan tingkat perkembangan bahasa Anda, dan 3) pilihlah buku yang sesuai dengan tingkat perkembangan moral Anda, serta 4) pilihlah buku yang membicarakan masalah yang aktual dan bermanfaat bagi Anda. Pemenuhan kriteria di atas dapat dilakukan dengan memperhatikan: format buku, cara penulisan, cara penyajian, bahasa yang digunakan, dan isi bacaan.
          Ketika minat baca sudah tumbuh pada diri Anda (siswa), lanjutkan dengan meningkatkan kemampuan membaca efektif Anda. Beberapa kiat yang dapat Anda lakukan adalah: 1) berlatihlah menggerakkan mata Anda dengan leluasa dari atas ke bawah, dari kiri ke kanan atau sebaliknya, 2) tingkatkan kemampuan mengingat Anda dengan mencoba mengingat kembali kalimat atau ide pokok setiap paragraf yang telah Anda baca, 3) cobalah berlatih membaca cepat setiap surat kabar yang ada dengan cara memahami letak isi utama setiap jenis tulisan, misalnya untuk berita pada lead berita, 4) selalulah memegang buku dan pena di mana pun Anda berada dengan membaca daftar isi setiap buku, dan 5) lakukan kegiatan membaca buku yang Anda pilih setelah membaca daftar isinya di setiap ada kesempatan.
          Demikian kiat yang dapat Anda lakukan untuk menumbuhkan minat baca Anda sebagai seorang siswa dan diharapkan nantinya Anda menjadi orang-orang maniak buku yang dilanjutkan menjadi seorang penulis. Ingat don’t write if you don’t read. Semoga sukses.

Komentar :

ada 12 komentar ke “MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA”
Unknown mengatakan...
pada hari 

wah, tips-tipsnya bapak selalu membuat saya semakin semangat untuk membaca dan menulis.
padahal sebelumnya, saya menganggap bahwa membaca itu adalah hal yang membosankan dan menulis adalah hal yang tidak mungkin saya lakukan.


saya setuju dengan tips-tips "mengembangkan minat membaca" yang bapak sebutkan di atas.
memang minat dikembangkan
di atas.
saya beranggapan bahwa minat dikembangkan melalui
1) dalam (intrinsik, ex : ketika seseorang membaca buku memang karena ingin menambah pengetahuannya)
2) luar (ekstrinsik, ex : ketika seseorang tertarik membaca sebuah novel karena kepopuleran pengarangnya)
dan dua hal ini sangat berpengaruh.

terima kasih

rafika chairinisa
PBSI 2008 C

kancil mengatakan...
pada hari 

terima kasih atas saran Pak Imron tentang " Cara meningkatkan minat baca siswa", selama ini saya beranggapan bahwa membaca adalah sesuatu hal yang membosankan, tetapi setelah saya membaca saran dari Bapak, saya akan mencoba dan meningkatkan minat membaca saya.

Nur Indah Fitriani
PBSI 2008 B

ELI RAHAYU mengatakan...
pada hari 

Memang benar apabila seseorang tidak memiliki minat untuk membaca, maka orang itu pasti akan dengan sengaja menghindari sebuah bacaan. Oleh karena itu, dengan adanya tips - tips diatas kita dapat mengetahui bagaimana caranya membangkitkan minat membaca seseorang tak terkecuali minat baca kita sendiri.

ELI RAHAYU/PBSI/C/2008

Unknown mengatakan...
pada hari 

terima kasih atas saran-saran bapak tentang "cara meningkatkan minat baca siswa". saran-saran bapak sangat membantu saya dalam memotivasi siswa-siswi saya agar mereka lebih giat membaca.

Dini Yuliati
Mahasiswi Gejug Jati

Anonim mengatakan...
pada hari 

Saya sangat senang dengan setiap artikel atau telisan yang menggugah masyarakat untuk membaca. Untuk lebih meningkatkan dan memanfaatkan minat baca, sebaiknya Anda mencoba ide saya (Peng Kheng Sun) yakni yang saya sebut RR (Reading Record). Bagi yang berminat silakan email saya di pengkhengsun@gmail.com dan saya akan kirimkan Anda artikel Manfaat dan Cara Membuat Reading Record. Terima kasih.

mandha mengatakan...
pada hari 

saya senang skali stlh membca tips" d ats by: mandha

Anonim mengatakan...
pada hari 

trimakasih tips nya, akan saya sampaikan pada siwwa saya

Lailatul Faizah mengatakan...
pada hari 

memang benar kata guru saya dulu,
membaca bukanlah kebiasaan yang biasa,
tapi hal biasa yang harus dibiasakan.
karena manfaatnya sangat besar untuk masa depan!!

Lailatul Faizah
PBSI 07

Anonim mengatakan...
pada hari 

membaca memang asik dan juga menyenangkan ,tetapi tidak semua siswa suka membaca buku , tapi saya senang bapak sudah memberi saya tips

Listri,ana

golek buku mengatakan...
pada hari 

ingin menambah koleksi dan referensi bukunya..... kunjungi di www.golekbuku.com atau www.golekbuku.wordpress.com

Anonim mengatakan...
pada hari 

makasih bwt infonya,,, seandainya saja tiap orang sadar akan pentingnya membaca .

Unknown mengatakan...
pada hari 

Terima kasih bapak buat semangatnya..... tulisan di atas membuat saya pengen selalu membaca dan maju terus buat ust. IMRON ROSIDI sukses selalu

Murid kelas 3 Tarbiyah tahun ajaran 1434-1435 H

Posting Komentar