Kesastraan

MENGENAL KARAKTER TOKOH
Oleh: Imron Rosidi


            Anda dapat memahami isi teks drama yang dibaca atau dilakukan oleh teman Anda apabila Anda mengenal apa itu drama. Karena itu sebelum Anda memulai mendengarkan bacaan teks drama, Anda terlebih dahulu harus mengerti unsur-unsur yang membangun sebuah drama.
            Dalam drama, jalan cerita dikembangkan dengan model dialog antar tokoh.Dari dialog tersebut kita dapat mengetahui pelaku serta perwatakan tiap tokoh, setting yang digunakan, serta amanat/ pesan pengarang. Setelah Anda mengetahui unsur-unsur itu secara rinci, maka Anda dapat memehami isi teks drama.

Mengenal karakter tokoh melalui dialog antar tokoh
            Karakter atau perwatakan akan kita ketahui dengan dua cara yaitu secara langsung/ analitik dan secara tidak langsung atau cara dramatik.
Secara langsung/analitik adalah cara penulis naskah dalam memberikan karakter pada tokohnya ditulis langsung oleh penulis tersebut.
Contoh.
            Aldi adalah seorang siswa kelas XII IPA yang selalu mengantongi buku saku “Rumus Matematika” Baginya, buku saku tersebut sangat penting dan ajaib karena dapat menjawab semua soal matematika mulai yang mudah sampai yang sulit. Sayang, dia adalah siswa yang tidak mudah bergaul sehingga teman-temannya member julukan buku saku berjalan (bila perlu dipanjangkan akan menjadi buku saku smart MAT berjalan.Wah, panjang sekali.

Sedang secara tidak langsung/dramatik dapat dirinci lagi menjadi:
a. Digambarkan melalui tempat atau lingkungan sang tokoh.
b. Digambarkan melalui dialog antar tokoh.
c. Digambarkan melalui pikiran sang tokoh atau tokoh lain
d. Digambarkan dengan perbuatan-perbuatan tokoh

Komentar :

ada 0 komentar ke “Kesastraan”

Posting Komentar