kebahasaan

CIRI PARAGRAF PERSUASI
Oleh: Imron Rosidi


            Pada waktu menulis, kadang-kadang Anda perlu meyakinkan pembaca tentang kebenaran gagasan atau fakta-fakta yang dituangkan dalam tulisan yang akan Anda hasilkan. Dalam rangka itu, Anda dapat menggunakan paragraf persuasi. Dengan paragraf persuasi, Anda akan dapat meyakinkan atau membujuk pembaca untuk meyakini, mengikuti, atau bahkan melakukan gagasan Anda yang tuangkan dalam tulisan. Dalam pembelajaran kali ini, Anda akan berlatih menyusun paragraf persuasi. Namun, sebelum melakukan itu, terlebih dahulu Anda perlu mengidentikasi ciri paragraf persuasi.

            Pada hakikatnya persuasi adalah seni meyakinkan orang lain. Jika dikaitkan dengan paragraf, paragraf persuasi adalah salah satu jenis paragraf yang dikembangkan untuk meyakinkan pembaca terhadap gagasan-gagasan atau fakta yang ditampilkan dalam paragraf itu. Oleh karena itu, ciri utama paragraf persuasi biasanya bersifat membujuk atau meyakinkan pembaca terhadap gagasan atau fakta yang ditampilkan. Paragraf yang digunakan dalam teks-teks iklan, propaganda, misalnya, tentunya banyak menggunakan paragraf persuasi. Perhatikan paragraf-paragraf dalam penggalan teks berikut ini. Adakah Anda merasakan bahwa paragraf-paragraf itu bersifat membujuk atau meyakinkan?

CONTOH:
            Jika hanya ingin mengetahui pembuatan satu atau dua macam makanan atau kue, pilihlah tempat kursus yang memberikan kesempatan untuk membuat sendiri makanan tersebut. Kalau bisa, peserta sendiri yang membuka kemasan bahan-bahan tersebut agar semua jelas bagi peserta.
            Dalam memilih lembaga kursus bagi pengusaha makanan, pilihlah tempat kursus yang mempunyai fasilitas lengkap, tidak hanya fasilitas untuk kursus, tetapi juga fasilitas untuk pengembangan usaha ke depan. Misalnya, lembaga itu bisa mempunyai program-program investasi, kredit modal usaha, atau jaringan kerja yang luas. Contohnya di BBC disediakan program investasi. Sementara Iwapi dan LPKK DeMono sering melakukan kerja sama dengan bank atau badan usaha milik negara untuk meminjam kredit modal usaha.

Komentar :

ada 0 komentar ke “kebahasaan”

Posting Komentar