keterampilan berbahasa

MENGENAL TEKNIK MEMBACA

Oleh: Imron Rosidi


            Berbagai informasi di era global saat ini semakin mudah diterima dan semakin gencar masuk ke negara kita. Hal ini disebabkan semakin bervariasi dan canggihnya media informasi, baik media informasi berupa media cetak maupun media elektronik. Hasil-hasil penelitian serta kemajuan ilmu dan teknologi begitu cepat dipublikasikan dan disebarkan melalui jurnal-jurnal maupun dalam bentuk tulisan lainnya. Satu judul buku tentang suatu masalah yang menjadi perhatian kita belum sampai separuhnya dibaca telah disusul judul buku baru. Untuk itu diperlukan teknik membaca yang efektif, seperti yang tampak di bawah ini.

SQ3R
            Metode SQ3R menggambarkan langkah-langkah membaca buku yang dimulai dari kegiatan:
S  SURVEY
            Survey (melihat selintas), maksudnya melakukan pengamatan awal secara sekilas mengenai identitas buku dan gambaran umum isinya. Survey merupakan langkah pertama sebelum membaca buku secara teliti.
Q  QUESTION
            Question (bertanya), maksudnya bertanya dalam hati mengenai isi buku itu dan bertanya kepada diri sendiri tentang informasi apa yang dibutuhkan dari buku itu. Pertanyaan itu gunanya untuk membimbing pembaca pada apa yang diperlukannya.
R  READ
            Read (membaca), maksudnya setelah menyusun pertanyaan kunci, barulah seseorang membaca secara teliti buku itu.
R  RECITE
            Recite atau Recall (mengendapkan dan mengingat kembali) maksudnya, setelah membaca secara teliti suatu bab atau bagian dari buku, seseorang harus berhenti sejenak untuk mengendapkan apa yang dibacanya atau mengingat kembali.
R  REVIEW
            Review (melihat ulang) maksudnya, kalian harus menelusuri kembali hal-hal penting yang sudah dibaca, sebelum mengakhiri kegiatan membaca.
            Secara lebih detail, metode ini akan dilatihkan di bagian selanjutnya.


POINT
            Metode POINT menggambarkan langkah-langkah membaca buku yang dimulai dari kegiatan:
P  PURPOSE
            Purpose (tujuan), maksudnya pada langkah awal, pembaca harus menentukan tujuan membacanya. Untuk apa kalian membaca buku itu? Informasi apa yang kalian inginkan? Perlukah membaca seluruhnya? Berdasarkan tujuan itu, pada bagian mana dari buku itu yang perlu kalian tekankan?
O  OVERVIEW
            Overview (melihat sekilas), maksudnya melakukan peninjauan awal secara sekilas mengenai keseluruhan buku, untuk melihat garis besar isinya dan memutuskan apakah kalian perlu membaca buku itu lebih lanjut atau tidak.
I  INTERPRET
            Interpret (menafsirkan), maksudnya setelah melakukan tinjauan sekilas dan memutuskan untuk membaca buku itu, lalu bacalah buku itu. Interpretasikan maknanya.
N  NOTE
            Note (mencatat), maksudnya setelah membaca secara teliti dan mengerti maknanya, buatlah catatan-catatan penting untuk diingat selamanya.
T  TEST
            Test (menguji), maksudnya pada tahap akhir kalian harus menguji diri sendiri mengenai apa-apa yang sudah dibaca. Cukup paham dan mengertikah kalian pada apa yang digambarkan dalam buku itu?


PQRST
            Metode PQRST menggambarkan langkah-langkah membaca buku yang dimulai dari kegiatan:
P  PREVIEW
            Preview (melihat sekilas), maksudnya melakukan pengamatan awal secara sekilas mengenai identitas buku dan gambaran isi secara. Preview merupakan langkah pertama sebelum membaca buku secara teliti, untuk memastikan bahwa kalian perlu membaca buku itu atau tidak, perlu membeli buku itu atau tidak, atau informasi yang kalian perlukan ada atau tidak dalam buku itu. Langkah preview sama dengan survey.
Q  QUESTION
            Question (bertanya), maksudnya menyusun pertanyaan dalam hati mengenai isi
buku itu dan bertanya kepada diri sendiri tentang informasi apa yang dibutuhkan dari buku itu. Pertanyaan itu gunanya untuk membimbing pembaca pada apa yang diperlu-kannya.
R  READ
            Read (membaca), maksudnya setelah menyusun pertanyaan kunci, barulah seseorang membaca secara teliti buku itu.
S  SUMMARIZE
            Summarize (meringkas), maksudnya setelah membaca secara teliti satu bab, seseorang harus berhenti sejenak untuk membuat ringkasan atau catatan-catatan penting mengenai apa yang baru dibacanya.
T  TEST
            Test (menguji), maksudnya pada tahap akhir ini kalian harus menguji diri sendiri mengenai apa-apa yang sudah dibaca. Apa saja yang dibahas dalam bagian tadi? Informasi penting apa yang harus diingat? Cukup paham dan mengertikah kalian pada apa yang digambarkan dalam bab itu?

Komentar :

ada 0 komentar ke “keterampilan berbahasa”

Posting Komentar