kebahasaan

CARA MENULIS ABSTRAK
Oleh: Imron Rosidi


            Dalam sebuah laporan penelitian terdapat abstrak. Bagian awal teks abstrak terdapat identitas laporan yang meliputi: nama penulis, tahun penulisan, judul laporan yang ditulis dengan huruf kapital pada huruf pertama setiap kata pada judul (kecuali konjugasi dan preposisi), jenis karya tulis, nama sekolah dan diakhiri dengan nama pembimbing lengkap dengan gelar akademis. Semua diketik satu spasi.
            Bagian kedua abstrak dicantumkan kata kunci yang ditempatkan di bawah identitas laporan. Kata kunci dapat diambil dari judul atau kata penting dalam karya tulis. Jumlah kata kunci tidak lebih dari lima kata. Kata kunci diperlukan untuk komputerisasi sistem informasi ilmiah. Dengan kata kunci, kita dapat menemukan judul-judul laporan beserta abstraknya dengan mudah.
            Bagian selanjutnya adalah teks abstrak yang berisi intisari tulisan yang mencakup latar belakang penelitian, masalah yang diteliti, metode yang digunakan, hasil-hasil yang diperoleh, kesimpulan yang dapat ditarik, dan (kalau ada) saran yang diajukan.
Abstrak ini diketik satu spasi atau spasi tunggal dan panjangnya disarakan tidak lebih dari satu halaman kertas kuarto atau A4. Abstrak ini berfungsi untuk membantu pembaca dalam memahami isi pokok dari sebuah karya tulis secara cepat, metode yang digunakan, serta data yang dikelola.
            Adakalanya abstrak disusun dalam bentuk bebas yang biasa disebut dengan intisari karangan. Intisari ini berisi ringkasan hasil penelitian dan pembahasan. Teknik pengetikan intisari menggunakan spasi ganda atau 1,5 spasi tergantung pada petunjuk dalam brosur lomba. Dalam LPIR (Lomba Penelitian Ilmiah Remaja) tingkat nasional, intisari karangan tidak boleh lebih dari 250 kata atau dua halaman.

Komentar :

ada 2 komentar ke “kebahasaan”
Teacher Creative Corner mengatakan...
pada hari 

Kalau boleh tanya, apakah perbedaan ringkasan, rangkuman, sinopsis, abstrak dan intisari . Mohon jawabannya...atau dikirim ke putubastian@gmail.com...web saya...www.baliteacher.blogspot.com

DIKDASMEN PDM KOTA SEMARANG mengatakan...
pada hari 

Assalamu'alaikum....Selamat Datang disini....

Poskan Komentar