sastra

Unsur-Unsur Puisi
Oleh: Imron Rosidi



1. Tema
    Tema adalah pokok persoalan atau pokok pikiran yang mendasari terbentuknya sebuah     puisi. Pokok persoalan itulah yang hendak disampaikan kepada pembaca.
2. Amanat atau pesan
    Sesuai dengan arti katanya, amanat atau pesan adalah sesuatu yang hendak disampaikan     oleh penayir kepada pembaca melalui puisinya. Bedanya dengan tema, kalau tema     adalah persoalan yang dikemukakan sedangkan amanat adalah sesuatu yang hendak     disampaikan lewat persoalan itu. Dengan kata lain, mau berbicara apa, bermaksud apa     dengan persoalan itu?
3. Simbolisasi atau perlambangan
    Pengertian simbolisasi atau perlambangan dalam puisi tidak mengacu pada gambar atau     benda yang menggantikan pengertian tertentu akan tetapi mengacu pada kata atau     lambang kebahasaan lain yang digunakan untuk menggantikan suatu pengertian atau hal     lain. Misalnya, kata merah melambangkan pengertian berani atau marah, kata kelabu     dalam minggu kelabu menggantikan suasana sedih.
4. Musikalitas
    Yang dimaksud musikalitas adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengucapan     bunyi. Unsur ini meliputi dua hal, yaitu rima dan bunyi.
5. Korespondensi
    Yang dimaksud korespondensi dalam puisi adalah perhubungan yang terdapat dalam     puisi. Perhubungan itu bisa bermacam-macam yang meliputi perhubungan antara kata     dengan kata, frase dengan frase, kalimat dengan kalimat, bait dengan bait atau     campuran di antara unsur-unsur tersebut.
6. Diksi
    Diksi adalah ketepatan pemilihan dan penggunaan kata. Ketepatan dan pemilihan kata     sangat berpengaruh besar terhadap makna dan maksud yang hendak disampaikan serta     efek emosional yang ditimbulkannya.
7. Gaya bahasa
    Boleh dikatakan hampir tidak ada puisi yang hadir tanpa sebuah gaya bahasa. Dengan     gaya bahasa, gagasan yang terungkap akan terasa lebih konkret dan penuh serta     membuat puisi menjadi lebih hidup.

Komentar :

ada 0 komentar ke “sastra”

Posting Komentar