kebahasaan

MEMBACA INFORMASI BERDASARKAN HALAMAN YANG DIRUJUK
Oleh: Imron Rosidi



            Salah satu ciri buku yang bagus, pada bagian-bagian akhir setelah daftar pustaka, terdapat halaman indeks. Daftar indeks adalah daftar sejumlah kata atau istilah yang menjadi subjek dalam sejumlah buku. Kata atau istilah tersebut biasanya ditulis entri-nya dan diberi keterangan tentang letaknya di halaman-halaman buku. Pada umumnya, yang dicantumkan dalam indeks adalah kata atau istilah yang menjadi subjek pembicaraan. Itulah yang disebut dengan indeks subjek. Selain indeks subjek, ada buku yang menyertakan indeks pengarang, yaitu daftar nama-nama pengarang yang dikutip dalam buku itu.

            Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari daftar indeks tersebut baik indeks subjek maupun indeks pengarang. Anda dapat memanfaatkan indeks subjek untuk mendapatkan keterangan suatu istilah, subjek pembicaraan, atau topik tertentu. Jika Anda ingin mengetahui pendapat seorang pengarang, Anda dapat memanfaatkan indeks pengarang. Perhatikan contoh berikut!

Contoh indeks:
Alisyahbana, Sutan Takdir, 15-16
Artikel, cara membaca, 61-62
Browsing, 85, 89

Contoh naskah yang dirujuk indeks:
            Siapa yang tidak kenal Sutan Takdir Alisyahbana? Sejak berpuluh-puluh tahun murid SMP dan SMA diajarkan bahwa Tandir itu Pelipor Angkatan Pujangga baru bersama-sama Amir Hamzah dan Armijn Pane.
Amir Hamzah …

Halaman 15

Komentar :

ada 0 komentar ke “kebahasaan”

Posting Komentar