SILABUS

SILABUS


MODEL 1


NAMA SEKOLAH
MATA PELAJARAN
KELAS/SEMESTER
STANDAR KOMPETENSI

KODE KOMPETENSI
ALOKASI WAKTU
: SMA Negeri 2 Pasuruan
: Bahasa Indonesia
: XI/Ganjil
: 11. Memahami ragam wacana tulis dengan   membaca cepat dan membaca intensif
: M.11.1
: 3 X 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Nilai Karakter Materi PokokPengalaman Belajar Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit • Mampu meningkatkan kemampuan gerak mata
• Mampu meningkatkan daya konsentrasi
• Mampu meningkatkan daya ingat
• Mampu meningkat-kan KEM siswa sampai 300 kpm
• Kerja keras
• Menghargai prestasi
• Gemar membaca
• Pengertian kemampuan membaca cepat
• Cara memahami isi bacaan dengan cepat
• Cara meningkatkan KEM siswa
• Pelatihan awal berupa gerak mata
• Pelatihan awal untuk meningkatkan daya konsentrasi
• Pelatihan awal untuk meningkatkan daya ingat
• Pelatihan meningkatkan KEM siswa
• Siswa menuju ruang komputer
• Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang pengertian membaca cepat dan cara menghitung KEM siswa.
• Siswa menyimak penjelasan guru tentang cara membaca cepat yang efektif
• Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang
• penggunaan software MC dalam pembeajaran membaca cepat berbasis e-Learning
• Siswa membuka program MC untuk mengikuti pembelajaran membaca cepat berbasis e-Learning.
• Siswa memilih identitas
• Siswa melakukan pelatihan awal berupa pelatihan gerak mata
• Siswa melakukan pelatihan konsentrasi
• Siswa melakukan pelatihan daya ingat
• Siswa membaca cepat sebuah bacaan yang telah ditentukan guru dengan software MC
• Siswa memperhatikan waktu yang dibutuhkan.
• Siswa membuka pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan dan menjawab dengan meng-klik abjad yang dipilih
• Siswa mendokumentasi hasil KEM
• Siswa mendokumentasikan perkembangan KEM
• Pengamatan
• Tes tertulis
3 x 45 mnt • Majalah
• Surat kabar
• Internet
• Buku teks SMA



MODEL 2


NAMA SEKOLAH
MATA PELAJARAN
KELAS/SEMESTER
STANDAR KOMPETENSI

KODE KOMPETENSI
ALOKASI WAKTU
: SMA Negeri 2 Pasuruan
: Bahasa Indonesia
: XI/Ganjil
: 11. Memahami ragam wacana tulis dengan   membaca cepat dan membaca intensif
: M.11.1
: 3 X 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Nilai Karakter Materi PokokPengalaman Belajar Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit • Mampu meningkatkan kemampuan gerak mata
• Mampu meningkatkan daya konsentrasi
• Mampu meningkatkan daya ingat
• Mampu meningkat-kan KEM siswa sampai 300 kpm
• Kerja keras
• Menghargai prestasi
• Gemar membaca
• Pengertian kemampuan membaca cepat
• Penghambat kemampuan membaca cepat
• Cara membaca cepat yang efektif
• Pelatihan awal berupa gerak mata
• Pelatihan awal untuk meningkatkan daya konsentrasi
• Pelatihan awal untuk meningkatkan daya ingat
• Pelatihan meningkatkan KEM siswa
• Siswa menuju ruang komputer
• Siswa menyimak penjelasan guru tentang cara membaca cepat yang efektif
• Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan software MC dalam pembeajaran
membaca cepat berbasis e-Learning • Siswa membuka software MC untuk mengikuti pembelajaran membaca cepat berbasis e-Learning.
• Siswa mengisi identitas
• Siswa melakukan pelatihan awal berupa pelatihan gerak mata
• Siswa melakukan pelatihan konsentrasi
• Siswa melakukan pelatihan daya ingat
• Siswa membaca cepat dengan memilih salah satu bacaan dalam software MC
• Siswa mulai membaca bacaan yang dipilih dan memperhatikan waktu yang dibutuhkan.
• Siswa membuka pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan dan menjawab dengan meng-klik abjad yang dipilih
• Siswa mendokumentasi hasil KEM yang dimiliki
• Pengamatan
• Tes tertulis
3 x 45 mnt • Majalah
• Surat kabar
• Internet
• Buku teks SMA



MODEL 3


NAMA SEKOLAH
MATA PELAJARAN
KELAS/SEMESTER
STANDAR KOMPETENSI

KODE KOMPETENSI
ALOKASI WAKTU
: SMA Negeri 2 Pasuruan
: Bahasa Indonesia
: XI/Ganjil
: 11. Memahami ragam wacana tulis dengan   membaca cepat dan membaca intensif
: M.11.1
: 3 X 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Nilai Karakter Materi PokokPengalaman Belajar Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit • Mampu meningkatkan kemampuan gerak mata
• Mampu meningkatkan daya konsentrasi
• Mampu meningkatkan daya ingat
• Mampu meningkat-kan KEM siswa sampai 300 kpm
• Kerja keras
• Menghargai prestasi
• Gemar membaca
• Pengertian kemampuan membaca cepat
• Cara memahai isi bacaan
• Teknik membaca cepat secara tepat
• Pelatihan awal untuk meningkatkan kemampuan gerak mata
• Pelatihan awal untuk meningkarkan daya konsentrasi
• Pelatihan awal untuk meningkatkan daya ingat
• Pelatihan meningkatkan KEM siswa
• Siswa menuju laboratorium komputer
• Siswa duduk berpasangan dalam satu komputer
• Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara penggunaan software MC
• Siswa membuka software MC untuk mengikuti pembelajaran membaca cepat berbasis e-Learning.
• Siswa mengisi identitas dalam software MC secara bergantian
• Siswa melakukan pelatihan awal secara lengkap
• Siswa membaca cepat dengan memilih salah satu bacaan dalam software MC
• Siswa mulai membaca bacaan yang dipilih dan memperhatikan waktu yang dibutuhkan.
• Siswa membuka pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan dan menjawab dengan meng-klik abjad yang dipilih
• Siswa mendokumentasi hasil KEM
• Siswa pasangannya melakukan pengukuran membaca cepat
• Siswa melakukan pelatihan awal
• Siswa memilih bacaan lainnya untuk dibaca dengan cepat
• Siswa mengisi soal pemahaman
• Siswa membandingkan hasil KEM yang dimiliki dengan temannya
• Pengamatan
• Tes tertulis
3 x 45 mnt • Majalah
• Surat kabar
• Internet
• Buku teks SMA



MODEL 4


NAMA SEKOLAH
MATA PELAJARAN
KELAS/SEMESTER
STANDAR KOMPETENSI

KODE KOMPETENSI
ALOKASI WAKTU
: SMA Negeri 2 Pasuruan
: Bahasa Indonesia
: XI/Ganjil
: 11. Memahami ragam wacana tulis dengan   membaca cepat dan membaca intensif
: M.11.1
: 3 X 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Nilai Karakter Materi PokokPengalaman Belajar Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit • Mampu meningkatkan daya konsentrasi
• Mampu meningkatkan daya ingat
• Mampu meningkat-kan KEM siswa sampai 300 kpm
• Mampu mendoku-mentasikan perkembangan KEM-nya
• Kerja keras
• Menghargai prestasi
• Gemar membaca
• Pengertian kemampuan membaca cepat
• Penghambat membaca cepat
• Teknik membaca cepat yang tepat
• Pelatihan awal untuk meningkatkan daya konsentrasi
• Pelatihan awal untuk meningkatkan daya ingat
• Pelatihan meningkatkan KEM siswa
• Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara menginstal komputer dengan software MC
• Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan software MC dalam pembeajaran membaca cepat berbasis e-Learning
• Siswa menuju laboratorium komputer
• Siswa membuka software MC untuk mengikuti pembelajaran membaca cepat berbasis e-Learning.
• Siswa mengisi identitas
• Siswa melakukan pelatihan konsentrasi
• Siswa melakukan pelatihan daya ingat
• Siswa membaca cepat dengan memilih salah satu bacaan dalam software MC
• Siswa mulai membaca bacaan yang dipilih dan memperhatikan waktu yang dibutuhkan.
• Siswa membuka pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan dan menjawab dengan meng-klik abjad yang dipilih
• Siswa mendokumentasi hasil KEM
• Siswa menyimak penjelasan guru tentang tingkat KEM yang dimiliki
• Pengamatan
• Tes tertulis
3 x 45 mnt • Majalah
• Surat kabar
• Internet
• Buku teks SMA



.
MODEL 5


NAMA SEKOLAH
MATA PELAJARAN
KELAS/SEMESTER
STANDAR KOMPETENSI

KODE KOMPETENSI
ALOKASI WAKTU
: SMA Negeri 2 Pasuruan
: Bahasa Indonesia
: XI/Ganjil
: 11. Memahami ragam wacana tulis dengan   membaca cepat dan membaca intensif
: M.11.1
: 3 X 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Nilai Karakter Materi PokokPengalaman Belajar Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit • Mampu meningkatkan daya ingat
• Mampu meningkat-kan KEM siswa sampai 300 kpm
• Kerja keras
• Menghargai prestasi
• Gemar membaca
• Pentingnya pemahaman isi bacaan
• Cara melipatgandakan kecepatan membaca
• Pelatihan awal untuk meningkatkan daya ingat
• Pelatihan meningkatkan KEM siswa
• Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara menginstal laptop yang dibawa siswa dengan software MC
• Siswa membuka software MC untuk mengikuti pembelajaran membaca cepat berbasis e-Learning.
• Siswa memilih identitas dalam software MC
• Siswa melakukan pelatihan daya ingat
• Siswa membaca cepat dengan memilih salah satu bacaan dalam software MC
• Siswa mulai membaca bacaan yang dipilih dan memperhatikan waktu yang dibutuhkan.
• Siswa membuka pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan dan menjawab dengan meng-klik abjad yang dipilih
• Siswa mendokumentasi hasil KEM yang dimiliki
• Siswa menyimak penjelasan guru tentang tingkat KEM yang dimiliki
• Siswa memilih bacaan lainnya untuk dibaca dengan cepat
• Siswa mengisi soal pemahaman
• Siswa memperhatikan perkembangan KEM-nya dengan pembacaan sebelumnya
• Pengamatan
• Tes tertulis
3 x 45 mnt • Majalah
• Surat kabar
• Internet
• Buku teks SMA

Komentar :

ada 0 komentar ke “SILABUS”

Posting Komentar