kajian

ISI TULISAN (KONTEN) ATAUKAH BAHASA
Oleh: Imron Rosidi



            Tertarik dengan salah satu pertanyaan tentang mana yang lebih penting antara isi dengan bahasa dalam sebuah tulisan, saya mencoba untuk memberikan penjelasan secara singkat. Dalam dunia tulis-menulis, ada beberapa jenis tulisan. Tulisan yang pertama adalah tulisan ilmiah, misalnya: makalah, skripsi, artikel ilmiah, biografi, sejarah, dan sebagainya. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam tulisan ilmiah, misalnya: (1) isi harus objektif, (2) bentuk tulisan sesuai dengan aturan yang berlaku, dan (3) bahasa yang digunakan bahasa Ilmiah.
            Bagaimanakah dengan tulisan popular (nonilmiah). Untuk karya/tulisan nonilmiah, seperti: karya sastra, esai popular, ataupun iklan, aturan kebahasaan kurang begitu ketat. Yang dipentingkan adalah tersampainya ide/gagasan dari penulis/pembicara kepada pembaca/pendengar. Begitu pula dengan iklan. Iklan lebih mementingkan isi dan kesederhanaan bahasa. Iklan harus dapat dibaca dengan cepat. Dengan demikian, bahasa iklan tidak harus mengikuti kaidah gramatikal sebuah kalimat.
            Kemudian muncul pertanyaan, mana yang lebih penting antara bahasa dengan isi dalam tulisan ilmiah. Pertanyaan ini dapat dijawab bahwa keduanya penting karena keduanya masuk dalam ciri karya ilmiah yang baik. Karya ilmiah yang isinya bagus bisa saja hilang keilmiahannya apabila ditulis dengan bahasa popular, begitu juga sebaliknya. Untuk itu, perlakuan terhadap tulisan tergantung pada jenis tulisan tersebut.

Komentar :

ada 1
Fatkhul mengatakan...
pada hari 

hm fenemona iklan di internet misalnya seperti ada blog yang menjadi pemasang iklan namun blog tersebut memberi peringatan yaitu tak semua iklan di bawah ini apa adanya, maka sebaiknya pihak biro iklan merevisi menjadi kalimat yang apa adnya engan iklan tersebut. sukses pak guru... ehm guru smkn 2 Pasuruan ya... ^_^, aku pun juga mengangkat judul "Fenomena Iklan di Media Internet", ini : http://kompetisiblogger.blogspot.com/2009/08/bahasa-yang-digunakan-dalam-sarana.html

Posting Komentar