kajian sintaksis

MENGENAL KALIMAT EFEKTIF
Oleh: Imron Rosidi


           Pernahkah di antara kalian ada yang tidak memahami penjelasan Bapak/Ibu guru ketika mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas? Pernahkah di antara pembaca yang tidak memahami sambutan Bapak RT dalam sebuah pertemuan? Kalau ya, itu disebabkan kalimat yang digunakan Bapak/Ibu guru kalian dan yang disampaikan pak RT tidak efektif. Lalu, bagaimanakah kalimat efektif itu? Bagaimanakah pula contohnya?

           Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menggambarkan secara lengkap dan tepat apa yang dimaksud oleh penutur kepada petutur. Secara tertulis, kalimat efektif ditandai dengan huruf besar di awal kalimat, dan di akhir kalimat ditandai dengan tanda titik, tanda seru, atau tanda tanya, di antara klausa kadang kala terdapat tanda koma, titik dua, tanda petik, dan sebagainya. Dalam bahasa lisan, kalimat diakhir dengan intonasi menurun pada kalimat berita, naik pada kalimat perintah langsung, dan panjang mendatar pada kalimat tanya.

Ciri-ciri Kalimat Efektif
a. Keutuhan : dalam bahasa tulis, ada unsur subjek dan predikat (gramatikal)   pada     kalimat intransitif, dan unsur subjek, predikat, objek pada kalimat transitif,
b. Pertautan : adanya hubungan yang erat antarunsur-unsur kalimat dan logis,
c. Keringkasan: menggunakan kata-kata yang benar-benar memiliki fungsi (diksi).
d. Ketepatan diksi: menggunakan kata yang tepat, sesuai, dan lazim.

Marilah kita perhatikan kalimat berikut!
a. Sebagaimana telah ditetapkan, para pengawas itu biasanya dilakukan dua kali seminggu.
b. Aspek yang lain yang perlu dipertimbangkan ialah segi hubungan masyarakat.
c. Secara jasmaniah orang itu bertubuh sehat dan kuat.
d. Saya sudah bilang bahwa kamu bisa mengerjakan soal itu.
e. Karena Anda tidak menuruti perintah saya di mana kamu tidak boleh mencontek, nilai     kamu akan saya kurangi.
f. Saya ingin tetap menjadi juara. Dan saya harus selalu belajar dengan rutin.

Penjelasan
           Kalimat (a) merupakan kalimat yang tidak jelas maknannya. Ketidakjelasan kalimat tersebut diakibatkan adanya unsur yang hilang sehingga mengganggu keutuhan kalimat. Apa yang dilakukan pengawas selama satu minggu? Selain itu, dalam kalimat tersebut terdapat penggunaan pilihan kata (diksi) yang mubazir. Kata “biasanya” merupakan kata yang tidak perlu adanya karena sudah ada frasa “sebagaimana telah ditetapkan”. Kalimat tersebut akan menjadi efektif apabila diubah menjadi:
Sebagaimana telah ditetapkan, petugas itu melakukan pengawasan dua kali dalam seminggu.
              Atau
Sebagaimana telah ditetapkan, pengawasan dilakukan dua kali dalam seminggu.
Kalimat (b) juga kurang efektif karena adanya kemubaziran kata serta kekurangtepatan pilihan kata (diksi). Penggunaan kata “segi” tampaknya tidak diperlukan lagi karena telah terwakili oleh adanya kata “aspek”. Selain itu, penggunaan kata “ialah” juga kurang tepat. Kata ialah digunakan untuk definisi. Kalimat tersebut sebaiknya berbunyi:
Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah hubungan masyarakat.
Bagaimana dengan kalimat (c)? Kalimat (d), dan (e) merupakan kalimat yang berbelit-belit sehingga dapat mengaburkan makna. Kalimat (f) maknanya kabur akibat kesalahan penggunaan tanda baca. Bagaimana yang efektif? Berilah komentar!

Komentar :

ada 29 komentar ke “kajian sintaksis”
aris mengatakan...
pada hari 

artikel ini cukup membantu saya dan memeperluas pengetahuan saya tentang bahasa Indonesia.

boleh request artikel lain gak? seperti, artikel penyusunan makalah, artikel penyusunan karya ilmiah, dsb. kerena artikel ini akan membantu saya dalam penyusunan tugas kuliah dan pengembangan ilmu bahasa Indonesia saya.

saya tunggu.......!
thanks sebelumnya.

edy@an.ekonomi 2008-A

Susilowati B.ekonomi 2008-B mengatakan...
pada hari 

pada awalnya saya menganggap kalimat efektif adalah kalimat yang sudah mengalami peringkasan kata. Setelah saya membaca artikel dan mendengar penjelasan di perkuliahan B.Indonesia Keilmuan, saya menjadi tahu banyak tentang mengenal dan mengetahui itu kalimat efektif atau tidak. Terima kasih atas bimbingan yang telah bapak berikan, kalau penulisan tanda baca dll kurang tepat mohon dimaklumi.

Susilowati B.ekonomi 2008-B

LILY mengatakan...
pada hari 

Terima kasih pak ya,,telah memberikan penjelasan tentang kalimat efektif secara detail dengan memberikan ciri-cirinya dan contoh kalimat efektif itu sendiri. Artikel bapak sangat membantu mahasiswa dalam menulis.

LILY KARTIKASARI
EKONOMI 2008 B
NIM : 08187203031

M.Fauzan ekonomi 2008-B mengatakan...
pada hari 

Terima kasih dengan adanya kalimat efektif sangat diperlukan oleh masyarakat karena untuk berbicara didepan umum atau acara-acara yang penting.Supaya ucapan kita bisa di mengerti dan tidak berlebihan.

M.Fauzan. Ekonomi 2008 B

Wahyu Nurcahyono Ekonomi 2008-B mengatakan...
pada hari 

Artikel Bapak yang di berikan kepada mahasiswa sangat membantu dalam penulisan sebuah makalah,skripsi dll.Saya setelah mempelajari dan memahami artikel tersebut,saya menjadi lebih tahu dan mengerti tentang kalimat efektif.Terima kasih atas penjelasan yang Bapak telah berikan kepada saya.

Wahyu Nurcahyono.Ekonomi 2008-B

sukron ekonomi 2008-B mengatakan...
pada hari 

kalimat efektif dalam blog ini mampu membantu saya dalam memahami dan mengerti tentang kalimat efektif.terima kasih atas penjelasan yang telah bapak berikan.

M.Sukron Ekonomi 2008-B

FARIZ ANDREYANTO EKONOMI 2008-B mengatakan...
pada hari 

dengan adanya penjelasan ini, saya bisa mengerti mengenai kalimat efektif.Terima kesih atas penjelasan yang telah bapak berikan.

Fariz Adreyanto 2008-B

Anonim mengatakan...
pada hari 

setelah saya membaca tentang artikel diatas saya banyak memperoleh pengetahuan tentang bahasa indonesia terutama dalam kalimat efektif yang benar.Terima kasih untuk penjelasan artikel diatas semoga memacu saya untuk lebih baik

MAULIDA SALBIYA
EKONOMI 2008-A

Anonim mengatakan...
pada hari 

setelah saya pahami ternyata artikel tersebut saya memperoleh banyak pengetahuan.Terimah kasih


APRILYEKO HARTONO
EKONOMI 2008-A

Anonim mengatakan...
pada hari 

dengan membaca artikel di atas saya banyak mengetahui tentang banyak kalimat efektif yang benar.

HARIYANTO PUJO L
EKONOMI 2008-A

DEWI mengatakan...
pada hari 

Terima kasih atas materi yang bapak berikan tentang penjelasan kalimat efektif. Dengan demikian saya mengerti perbedaan antara kalimat efektif dan kalimat tidak efektif.

DEWI INDRA SARI
EKONOMI 2008 B
NIM : 08187203011

IIKA PUJI mengatakan...
pada hari 

awalnya saya belum begitu paham tentang kalimat efektif, tetapi setelah saya mendapatkan perkuliahan B.INDONESIA KEILMUAN dan membaca makalah disini. saya lebih memehami tentang kalimat efektif dan tidak efektif.

IKA PUJI LESTARI
EKONOMI 2008-B

NIEKE ARDIANA mengatakan...
pada hari 

Artikel bapak telah banyak membantu saya dalam pemahamam berbahasa yang benar. Terima kasih atas ilmu yang telah bapak berikan sama saya.


Nieke Ardiana
EKONOMI B 2008
NIM :08187203044

khurin ainur mengatakan...
pada hari 

terima kasih atas penjelasannya tentang kalimat efektif dan tidak efektif, yang telah bapak berikan. Baik dalam perkuliahan B.indonesia keilmuan dan makalah ini, sehingga membuat saya mengerti tentang kalimat efektif dan tidak efektif.

KHURIN AINUR ROHMA
EKONOMI 2008-B

ERIKA mengatakan...
pada hari 

Dengan materi yang bapak berikan tentang kalimat efektif, saya dapat memahami dan lebih jelas dalam menggunakan kalimat tersebut sehingga dapat mengetahui perbedaan mana kalimat efektif dan kalimat tidak efektif. Terima kasih pak atas materi ini.

ERIKA YUNIAWATI
EKONOMI 2008-B

Anonim mengatakan...
pada hari 

Sebelumnya saya berterima kasih kepada bapak dan dengan ditambahnya ringkasan dari bapak ini semakin memudahkan saya dalam belajar serta meningkatkan pengetahuan saya.terima kasih pak,....

IKA DWI WAHYUNI
EKONOMI 2008-A

Anonim mengatakan...
pada hari 

Dengan adanya artikel yang bapak berikan, saya jadi mengerti tentang kalimat - kalimat, ya...seperti kalimat efektif ataupun kalimat tidak efektif. Maka dari itu saya ucapkan terima kasih.

SAFITRI
EKONOMI 2008-A

Anonim mengatakan...
pada hari 

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih,dengan membaca artikel bapak diatas.Dapat membuat saya lebih mengerti serta memahami dalam menggunakan kalimat efektif.

M.ZAKARIA
EKONOMI 2008-A

Anonim mengatakan...
pada hari 

Ass...
Dengan adanya Artikel di atas saya dapat lebih memahami tentang kalimat efektif dan kalimat tidak efektif.Dan saya berterima kasih atas pelajaran yang diberikan Bapak selama ini dan saya minta maaf kalau ada ucapan atau perbuatan saya yang tidak sopan.


DIANA PURNAMASARI
EKONOMI 2008-A

Anonim mengatakan...
pada hari 

ASS.WR.WB
Terima kasih pak,dengan membaca artikel bapak di atas saya dapat mengetahui tentang kalimat efektif dan kata baku/tidak baku sehingga saya lebih mengerti.

KASIYATI
EKONOMI-2008 A

Anonim mengatakan...
pada hari 

ass..wr.wb
terima kasih pak dengan membaca artikel bapak diatas tentang kalimat efektif/tidak efektif dan kata baku/kata tidak baku sehingga saya bisa mengerti.

kasiyati
ekonomi 2008-A

Anonim mengatakan...
pada hari 

terimakasih pak sebelumnya. dengan adanya artikel ini sedikit banyak saya bisa belajar. akan tetapi saya harus berlatih lagi agar mengerti lebih banyak lagi tentang kalimat yang efektif


Yuliana purwaningrum
PBSI 2008-A

Anonim mengatakan...
pada hari 

ass.wr wb
saya mengucapkan terimakasih pada bapak,karena artikel ini dapat membantu saya dalam belajar memahami bahasa indonesia,baik dalam menulis atau berbicara.


istiqomah
ekonomi 2008-B

riska nigtyas dwi wulandari mengatakan...
pada hari 

Assalamualaikum.wr.wb
Sebelumnya saya berterima kasih kepada bapak karena dengan adanya program studi bahasa indonesia mengenai kalimat efektif dan tidak efektrif tersebut,sehingga saya mendapatakan ilmu yang bermanfaat dalam menyusun kalimat yang benar, terutama mengenai bahasa indonesia keilmuan.

RISKA NINGTYAS DWI WULANDARI
EKONOMI 2008-B (08187203048)

Anonim mengatakan...
pada hari 

ass wr wb
saya sangat berterimakasih karena artikelnya bisa jadi bahan belajar.

maftahul firdaus
ekonomi 2008-B

FUAD mengatakan...
pada hari 

Terima kasih bapak telah menulis penjelasan tentang kalimat efektif. Kini saya memahami apa yang dimaksud dengan kalimat efektif. Saya juga berterima kasih karena bapak menulis banyak materi kuliah di blog ini, sehingga saya bisa mengopi dari sini. Terima kasih pak,,,

MOH. FUAT
NIM : 08187203008
EKONOMI 2008-B

zain mengatakan...
pada hari 

Tulisan bapak tentang kalimat efektif dan yang lainnya sangat berguna bagi saya. terima kasih dan sukses buat bapak..

M. ZAINUDIN / 08187203033
EKONOMI 2008 B

SAIDHA mengatakan...
pada hari 

terima kasih karena tulisan bapak telah membantu saya dalam memahami kalimat efektif.

SAIDHA
EKONOMI 2008 B

YUNI mengatakan...
pada hari 

ass.wr.wb
saya mau menyakan tentang perbedaan kalimat baku dan efektif, saya dapat tugas membuat makalah tersebut. mohon bapak bisa bantu. terimakasih

Posting Komentar