kajian bahasa

KALIMAT AMBIGU TIDAK BAKU
Oleh: Imron Rosidi


            Kebakuan kalimat tidak cukup memenuhi kaidah dan logis maknannya. Kalimat baku harus terhindar dari ambiguitas, artinya makna kalimat tersebut tidak mendua. Makna kalimat tersebut harus jelas sehingga semua pembaca memiliki pemahaman yang sama terhadap makna kalimat yang dibacanya. Coba kita perhatikan kalimat iklan yang berbunyi “Arkarin dapat menghilangkan kulit yang gatal.” Kalimat tersebut seakan-akan sudah baku. Kalimat itu memiliki unsur subjek Arkarin, predikat dapat menghilangkan, dan objek kulit yang gatal. Mengapa dikatakan kalimat tidak baku? Bagaimanakah maknanya?
            Kalimat iklan di atas seakan-akan ada obat yang bisa menghilangkan kulit yang gatal. Bagaimanakah jadinya kalau obat itu menghilangkan kulit? Padahal, kalimat itu menyiratkan bahwa ada obat yang bisa menghilangkan gatal, bukan menghilangkan kulit. Kalimat itu seharusnya berbunyi “Arkarin dapat menghilangkan gatal pada kulit.” Mengapa sebuah kalimat memiliki makna ambigu?
Keambiguan sebuah kalimat disebabkan beberapa hal, antara lain: (1) subjeknya tidak jelas, (2) keterangan yang jauh dari kata yang diterangkan. Perhatikan kalimat-kalimat berikut.
a. Imron sedang merayakan hari Ulang Tahun anaknya yang kelima. (padahal anak pak     Imron hanya dua).
b. HUT Kemerdekaaan RI ke-65.
c. Sakit pada mulut dan kerongkongan yang ringan mudah diobati.
            Kalimat (a) ambigu karena kata kelima jauh dengan kata ulang tahun. Apanya yang kelima, anaknya ataukah ulang tahunnya. Kalau yang kelima itu anaknya, maka kalimat itu benar, tetapi apabila yang dimaksud dengan kelima itu ulang tahunnya, maka kalimat itu seharusnya berbunyi “Imron sedang merayakan ulang tahun yang kelima buat anaknya. Bagaimanakah dengan kalimat (b) dan (c)? diskusikan!

Komentar :

ada 1
. mengatakan...
pada hari 

suhartatik
npm : 07288201755 / P
BI. Lekok


menurut saya jawaban yg
b) HUT Kemedekaan RI yang ke 65 dimeriahkan dengan lomba panjat pinang
c) sakit pada mulut dan kerongkongan yang tidak terlalu parah bisa di obati

Posting Komentar