kebahasaan

Menemukan Kalimat yang Mengandung Gagasan Utama
Oleh: Imron Rosidi



            Gagasan utama merupakan unsur penting dalam paragraf. Boleh dikatakan bahwa gagasan utama merupakan inti paragraf. Sehubungan dengan itu, pada bagian ini Anda akan berlatih menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama dan kalimat yang mengandung gagasan pendukung. Untuk mempermudah Anda di dalam melakukan kegiatan ini, terlebih dahulu telaahlah uraian berikut!
            Pemahaman gagasan utama paragraf merupakan aspek penting untuk memahami isi paragraf secara komprehensif. Gagasan utama diwadahi dalam kalimat utama, sedangkan gagasan pendukung berada dalam kalimat-kalimat penjelas? Apakah ciri-ciri kalimat utama suatu paragraf? Kalimat utama paling tidak mengandung dua ciri. Pertama, kalimat utama mengandung fakta atau pernyataan lebih umum bila dibandingkan dengan kalimat-kalimat lain dalam paragraf itu. Kedua, kalimat utama akan dijelaskan atau dirujuk oleh kalimat-kalimat lain.
            Di manakah letak kalimat utama? Ada berbagai kemungkinan letak kalimat utama. Kemungkinan itu sangat bergantung kepada jenis paragraf yang ada. Sebagaimana telah Anda pelajari pada pembelajaran sebelumnya bahwa dalam paragraf deduktif, kalimat utama terletak di awal paragraf, sedangkan dalam paragraf induktif terletak di akhir paragraf. Namun, dalam paragraf campuran, kalimat utama itu berada di awal kalimat, kemudian dipertegas kembali di akhir paragraf. Bahkan, dalam paragraf yang berbentuk deskriptif atau naratif, kalimat utama sulit ditentukan karena dalam paragraf itu tidak ada kalimat yang lebih penting atau lebih umum daripada kalimat yang lain. Boleh dikatakan bahwa dalam paragraf deskriptif dan naratif, gagasan tersebar pada seluruh kalimat. Dengan demikian, gagasan paragraf itu baru bisa disimpulan dari keseluruhan kalimat yang membangun paragraf tersebut. Gambar berikut menunjukkan letak kalimat utama dalam masing-masing jenis paragraf itu!


       Deduktif                    Induktif                  Campuran                Deskriptif/Naratif

Komentar :

ada 1
Anonim mengatakan...
pada hari 

Makasih pak guru :)
sangat bermanfaat untuk saya :D

Posting Komentar